Buku ini jelas masuk salah satu buku paling berpengaruh yang pernah saya baca. Saya akan coba tuliskan 4 konsep utamanya, tapi tidak akan bisa mewakili luarbiasanya buku ini.

D untuk Definiton

Sering kita ngelakuin sesuatu tapi ngga sadar kenapa kita ngelakui tersebut, bisa jadi karena sudah sehari-hari alias kebiasaan. Sangat penting untuk mendifiniskan apa tujuan kita. Kehidupan seperti apa yang mau kita jalani. Berapa target pendapatan bulanan atau harian kita. Tanpa tujuan yang jelas, langkah-langkah kita sehari-hari juga ngga akan ngebantu kita menuju hidup yang kita mau.

E untuk Elimination

Melakukan banyak hal belum tentu bikin kita luar biasa. Dikuatkan dengan prinsip Paretto 80/20. Belajar mengeliminasi alias menghapus hal-hal yang ngga berhubungan dengan tujuan kita. Ada banyak penawaran, ada banyak ajakan, belajar bilang tidak, belajar mengeliminasi kegiatan, user, teman yang sebenarnya kita ngga mau.

A untuk Automation

Waktu itu emas! Bikin sistem automatis, hal-hal yang berulang-ulang bikin semuanya automatis, mau itu dengan mesin atau dengan orang. Bikin FAQ untuk hal-hal yang sering ditanyakan. Delegasikan tugas yang bisa didelegasikan.

L untuk Liberation

Ditekankan lagi, kalau ada hal yang bisa dilakukan orang lain, belajar untuk mendelegasikan tugas itu. Kerjakan hal-hal yang memang hanya bisa dilakukan oleh kita sendiri. Waktu jauh lebih berharga daripada uang. Lihat mana kegiatan yang dilakukan yang bisa menghasilkan hasil yang maksimal. Berikan deadline untuk dirisendiri, sampai hanya perlu “4 jam sehari”.

Ini link untuk beli bukunya di bookdepository