Untuk yang belum pernah dengar istilah “sitting is the new smoking” alias “duduk adalah merokok yang baru” bukan karena duduk bisa bikin berasap, tapi ada banyak penyakit yang datang ketika duduk terlalu lama. Jangan langsung percaya sama saya ya, search dulu yang dalam. ini salah satu link kenapa “berdiri sangat disarankan”

Ha jadi harus berdiri gitu? iyap.. tenang aja ngga sehoror yang agan bayangkan. Sekarang saya berusaha sekitar 50% berdiri dan 50% duduk saat kerja. Karena ngga segampang itu gan, capek juga berdiri terus.. haha. Nah tapi ngga kerasa capek banget ko’ walaupun coba berdiri berjam-jam, karena secara ngga sadar, kita bakal stretching sendiri, goyangin pinggul dan kaki berkali-kali. Efek ngantuk dan badan bungkuk pun bakal terhindar, akhirnya saya pun lebih betah main laptop (kerjain sesuatu)

Nah karena kerja berdiri belum populer di Indonesia alhasil saya belum nemu banyak meja-berdiri alias standing-desk seperti diluar negeri bertebaran di negeri tercinta kita ini. Salah satu yang jelas menyediakan adalah IKEA, tapi sayangnya pengirimannya terbatas ke daerah tertentu, dan costnya diatas 3.9 juta rupiah.

Karena itu saya sharing gimana setup standing desk alternatif yang saya gunakan sekarang.

Meja laptop portable wood

Kalau ini alternatif minimal, dengan ini agan belum bisa berdiri, tapi ngurangin efek agan harus melihat bungkuk. agan taro laptop diatasnya yang lumayan tinggi, jadi pandangan mata bisa ke laptop langsung tanpa perlu bungkuk. Tentu agan bisa pake ‘surface’ atau alas-alas lain untuk taro laptop atau monitornya di posisi yang lebih tinggi, agan bisa kerja dengan punggung yang lurus. harga kisaran 100 sampai 150 ribu.

Meja laptop portable

Kalo ini bisa dicari di toko-toko online dengan keyword “meja laptop portable”, harga +- 200 ribu. ada 3 kaki dengan dua sudut yang bisa disetting 360 derajat. Kita bisa ngatur sebebas mungkin mau tingginya semana. Dengan meja ini, agan udah bisa kerja sambil berdiri langsung. setting sudutnya mungkin butuh waktu 5 menit sampai ketemu tinggi yang pas buat agan.

Meja dinding lipat

Nah ini yang saya cinta sekarang, meja spiderman (yang warna coklat *kodisi saat terlipat), jadi mejanya ditempel ke dinding dengan dipakein sekrup biar kuat nahan laptop/monitor. Kalau paku saya takut kurang kuat nantin nahannya. Pada saat tidak dipakai meja ini bisa dilipat, sama seperti meja dinding ikea. Yang ikea harganya 700 ribu keatas, kalau ini bikin di tukang kayu yang agan udah bisa nemuin di toko-toko online kaya tokopedia, harga sekitar 250 ribu.

kuat untuk naro laptop + monitor. Saya gabungkan dengan meja laptop portable (yang sebelumnya), sebagai tempat naro keyboard dan mouse bluetoothnya, jadi ada jarak yang lumayan. Ini setup paling nyaman buar beridiri sejauh ini buat saya, bisa dilipat kalau lagi ngga dipake.

Pakai keyboard dan mouse bluetooth

Diluar konteks diatas, agan akan berhadapan langsung dengan laptop mau berdiri ataupun duduk, yang saya sendiri hindarin karena sekarang sudah mines matanya, karena bukan dokter yang paham-paham banget, saya asumsikan kalau terlalu dekat dengan cahaya langsung dalam waktu lama, bisa merusak mata juga.

Untuk teman-teman yang ngerasa masih mustahil buat berdiri kerja atau costnya mahal, saya sarankan tetap strectching tiap setengah jam sekali, biar ngga pegal dan ngga banyak bungkuk. Jangan lupa kalau teman-teman ada alternatif atau pertanyaan silahkan tulis di bawah