Masih banyak hal yang perlu diubah, tapi nelan 10 obat sekaligus, bisa sakit juga.

Saya nyoba nyari “mantra” singkat, semacam framework yang bisa diingat & dipake sama teman-teman dalam beraktivitas apapun.

Nama mantranya HAI, singkatan dari Heart, Attitude, Impact, kita bahas satu-satu yoo

Heart

Mulai segala sesuai benar-benar dari hati, hal yang dikerjakan setengah-setengah, hasilnya pun ngga akan maksimal. Terima pekerjaan, gabung organisasi, bikin startup atau apapun itu, yang benar-benar dari hati, bukan untuk populer, atau bukan untuk uang. Halangan apapun yang datang akan jauh lebih ringan, karena misi kita terlalu besar untuk masalah-masalah yang datang. Ya ngapain aja kan pasti ada halangannya, pastiin kita bukan jadi bagian yang lemah loyo lesu ngerjain sesuatu.

Attitude

Sikapnya benerin mba sis dan mas bro. Jangan nyakitin hati orang di dunia maya ataupun di dunia nyata, mau artis, mau tokoh politik, atau orang yang ngga kita kenal. Jangan sombong sedikitpun, ngga ada yang layak disombongkan, hidup cuman bagi-bagi peran, siapa yang dikasih kesempatan, harus manfaatin kesempatannya. Harus terus mau belajar, jangan cepat puas. masih banyak bangeett yang harus diubah

Impact

Nah ini paling penting, pastikan aktivitas kita sehari-hari bukan cuman untuk diri sendiri, pikirkan orang lain, kata bang TereLiye ada 25 juta orang Indonesia yang penghasilannya masih dibawah 350 ribu per bulan. Kalau cuman terus kerja pulang tidur main, gimana dengan orang lain tadi. Pikirkan ilmu dan manfaat apa yang bisa kita wariskan setelah mati dan manfaatkan selama hidup.

Nah terakhir, kalau kita mati hari ini, sudah puas atau belum, atau masih ada yang mau dikerjain, kalau masih ada, jadikan itu prioritas, kerjakan hari ini. Bantu tularkan virus ini ke teman-teman lainnya, dunia maya ataupun nyata