Halo mante-mante, semoga bahagia dan semangat seperti Marcus/Gideon yang baru aja menang di Dubai! Post ini panjang bacaanya, yang sabar ya :D

Saya mau ngereview beberapa aktivitas online di 2017 untuk ikut kontribusi bikin Indonesia/dunia sedikit lebih baik. Seperti biasa, poinnya bukan tentang saya, tapi reminder buat kita semua, apa yang udah kita kerjakan di tahun ini.

[SekolahKoding]

Masih ngelanjutin sekolahkoding, tempat belajar dan forum seputar programming. Bisnis ataupun non-profit makin banyak ke digital, support untuk SDM nya ngga boleh ketinggalan.

Saat ini ada Izzan yang bantu saya ngurus perihal merchandise & Danang sedang magang sambil bikin proyeknya sendiri. Tapi secara umum, saya masih ‘gagal’ nambahin tim disini (dapet orang yang cocok buat ngerjain bareng), untuk mulai bagi-bagi tugas. Harus jadi PR di 2018. Mungkin akan mulai dengan program magangs.

[Haiiqro] (Juni 2017)

Saat ini uda ngga aktif. Waktu itu bikin karena pengen ngumpulin quotes-quotes dari orang-orang hebat. Tapi setelah jalan sebulan, kerasa ngga begitu bermanfaat. Orang bisa dengan mudah follow siapa yang dia mau langsung di socialmedia, ngga perlu ini. Akhirnya ditutup,

[WissenSpace] (awal November 2017)

Kita(BangJuan, Ka Sylvi, Fauzi & Ebin) mau orang-orang bisa dengan mudah nyari referensi belajar di bidang yang dia mau dengan cara ngumpulin link-link belajar yang ada di internet. Mau itu video, artikel, dll. Semua orang bisa kontribusi disini dengan cara submit link belajarnya di wissenspace.com

Tujuan saya diawal bikin ini juga untuk belajar bekerja di dalam tim. Semantara karena masing-masing sibuk, akan kita hold ke 2018, mungkin akan mulai sharing di facebook group nantinya.

[Teh/Kopi] (20 November 2017)

Saya suka sharing hal-hal non-teknis sebelumnya di sekolahkoding. dalam bentuk podcast (audio). Akhirnya bulan lalu mutusin untuk misahin ke project sendiri, biar lebih fokus.

Di TehAtauKopi ini, selain podcast, saya akan sharing tulisan, yang tujuannya buat orang-orang yang ngga puas cuman belajar di sekolah, ngga suka dengan nerima ‘default’, yang mau merubah sekitarnya.

Saya belajar banyak dari orang lain, buku, youtube., dll. Tugas saya disini, gimana ngebawa ilmu-ilmu tadi, jadi mudah dicerna dan bisa dimanfaatkan di semua aktivitas, bukan cuman programmer. Join the Club di tehataukopi.club

CUKUP!

Itu dia! sekali lagi poinnya bukan tentang saya, tapi apa yang temen-temen sudah bikin di 2017? di dunia nyata dan dunia maya. Masih mikirin diri sendiri aja? cuman pusing urus nilai atau gelar di sekolahan?

Biarin orang ngatain, dia ngga akan tanggung jawab sama hasilnya. Cari teman yang support dan sama-sama mau berubah dan ngubah sekitar. Rencanakan dan eksekusi untuk 2018!

Kalau ngelihat diatas temen-temen bisa lihat yang profit cuman sekolahkoding, biasanya “startup” harus milih profit dulu atau growth (banyakin user) dulu, saya pribadi lebih milih “manfaat dulu”, ngga mikirin growth atau profit, seperti sekolahkoding dimulai.

Kalau ada yang bisa kita kontribusikan kenapa ngga, uang itu cuman alat, bukan tujuan.

Seperti yang dilihat diatas, ngga semua jalan dengan lancar, gagal itu normal, takut juga normal, yang penting tetep lanjuts..

*Sidenote: Untuk social-media sendiri facebook sy kadang aktif lebih sering ngga, karena terlalu banyak ‘distraksi’. Biasanya ngejawab pertanyaaan/saran lewat email. Tapi mulai July saya bikin akun instagram, alasannya temen deket aktifnya disana, ngga di facebook lagi dan menurut saya lebih simple seperti twitter.

Salam olahraga!